21/04/2009

Apakah itu Social Bookmarking??

Beberapa hari yg lalu saya sempet bolak-balik baca artikel tentang Social Bookmarking. Dan baru sekarang rada ngerti(hehehee). Untuk itu saya akan menjelaskan(menurut saya) apa itu Social Bookmarking...

Anda tentu sering mendengar nama Social Bookmarking, apakah sebenarnya Social Bookmarking dan apakah Social Bookmarking ini mungkin saja berguna bagi kita? Mengapa nama baru ini menjadi sangat dibicarakan dikalangan para Marketer Dunia?
Social Bookmarking adalah sebuah cara bagi banyak pengguna internet untuk menyimpan, mengatur dan memanage alamat-alamat situs untuk dipakainya belakangan hari, mungkin lebih tepatnya sebagai bahan pengingat. Hal ini dapat dilakukan dengan memakai bantuan metadata.

MetaData secara umum

MetaData secara umumnya adalah data-data tentang data, atau bisa disamakan juga dengan kamus online yang gunanya memberikan penjelasan tentang konten, kualitas, kondisi, asal-usul dan juga karakteristik yang lainnya terhadap sebuah data atau sebuah informasi.

Dalam hubungannya dengan Social Bookmarking, para pengguna dapat menyimpan informasi tentang situs-situs tertentu yang dirasanya berguna yang mana tujuannya bukan lain adalah untuk mengingatkan dirinya apa yang membuatnya menyimpan data situs tersebut yang dirasanya akan berguna baginya belakngan hari ataupun untuknya membagikan kepada teman dan kerabatnya yang lain. Link dari situs-situs ini dapat mereka bagikan kepada asiapa saja yang mereka inginkan, ataupun dilakukan secara pribadi saja diantara sesama member sebuah kelompok yang tertutup.

Untuk membuat pengaturan yang baik, maka adminitrator dari sebuah aktifitas Social Bookmarking akan menganjurkan membernya untuk mengatur link-link yang mereka miliki dengan bantuan tag, kata-kata singkat sebagai simbol, yang mereka ciptakan sendiri sesuai dengan isi atau konten dari situs yang disimpannya.

Sejarah Social Bookmarking

Sesuai dengan yang saya baca, sejarah munculnya trend Social Bookmarking ini adalah sejak tahun 1996 ketika munculnya iList. Dalam beberapa tahun berikutnya, konsep iList ini menjadai semakin kompetitif. Lalu di tahun 2003, sebuah situs yang menamakan dirinya del.icio.us menciptakan cara melakukan “tag” dan sejak itu Social Bookmarking menjadi trend sampai di tahun 2009 ini.

Kelemahan Social Bookmarking

Dari semua manfaat dan dampak positif yang akan anda dapatkan dengan memakai Social Bookmarking dalam menjalankan bisnis anda, dimana anda secara mudah akan mendapatkan traffic dan penggemar dari situs yang mereka miliki dengan bantuan situs-situs Social Bookmarking secara GRATIS, beberapa hal yang dapat saya kemukakan sebagai KELEMAHAN dari sistem Social Bookmarking ini adalah :
1. Pemakaian situs-situs Social Bookmarking yang banyak akan membuat nama sibuk dan memakan banyak waktu.
2. Situs-situs Social Bookmarking hanya akan membuat para SPAMMER mudah mencari data orang-orang yang berpotensi masuk dalam daftar prospek mereka yang lalu mulai mengirimkan promosi-promosi yang mereka inginkan dengan alasan adanya kesamaan antara mereka dengan korbannya sebagai member dari salah satu situs Social Bookmarking.
3. Sebagai suatu bidang yang dijalankan oleh manusia juga maka selain tujuan-tujuan diatas, adanya kesalahan mengeja dalam membuat tag juga sebagai sebuah kelemahan yang mungkin dfapat terjadi, belum lagi adanya kelemahan dari faktor perbedaan bahasa yang dipakai.
4. Dalam hal adanya “tag” dimana akan terdapat tag-tag yang hampir mirip tetapi tidak jauh berbeda, misalnya : “marketing” dengan “pemasaran” atau “music” dengan “mp3″ dan lainnya.
5. Kelemahan yang lainnya yang berkaitan dengan faktor tidak sempurnanya manusia . . .
Dari semua kelemahan yang ada, dimana banyak pengguna blog dan pelaku bisnis di Internet tidak mempunyai niat untuk bergabung dalam situs-situs Social Bookmarking yang jumlahnya sekian banyak, maka keuntungan yang dapat anda miliki adalah bertambahnya jumlah pengunjung situs anda, bila anda beruntung adn mau meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk merancang keberadaan anda dalam situs-situs Social Bookmarking yang jumlahnya BUKAN MAIN!

Semoga artikel saya yang satu ini dapat memberikan sedikit banyak pengetahuan tentang Social Bookmarking yang selama ini banyak dibicarakan oleh para Pengguna Internet. :D


0 komentar:

Post a Comment