24/02/2009

Install Anti Virus dengan Satu Klik

Secara fungsional, antivirus untuk server sama dengan antivirus untuk workstation yaitu untuk mendeteksi ancaman virus terhadap server yang bersangkutan. Tetapi antivirus untuk server mempunyai kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh antivirus untuk workstation, kemampuan manajemen dan penyebaran update definisi antivirus ke dalam jaringan.
Seperti kita ketahui, karena setiap bulan muncul 1.000 virus baru (33 virus baru per hari), maka tentunya antivirus harus memperbaharui kemampuannya untuk mengenali ancaman virus baru dan umumnya dilakukan dengan update langsung melalui internet yang ukuran updatenya bervariasi tergantung merek antivirus yang anda gunakan, umumnya 1 MB s/d 5 MB per update...

Jika anda memiliki jaringan dengan 100 workstation, maka dapat anda bayangkan sekali melakukan update antivirus (dengan asumsi setiap update 2 MB dan update dilakukan setiap minggu) bandwidth yang dibutuhkan adalah 200 MB atau 800 MB per bulan. Dalam satu tahun anda menghabiskan bandwidth sebesar 9,6 GB hanya untuk mengupdate definisi antivirus. Karena itu, muncul solusi antivirus untuk server dimana server akan melakukan update definisi antivirus dari internet untuk kemudian disebarkan ke workstation atau server lain di dalam jaringannya, jika seminggu server mendownload 2 MB data, berarti 1 tahun download yang dilakukan adalah 96 MB.
Jika server membawahi 100 workstation, maka penghematan bandwidth yang terjadi adalah 9,6 GB - 96 MB = 9,5 GB.
Jika untuk mendownload 1 MB membutuhkan waktu 10 menit dimana biaya koneksi Telkomnet Instan permenit (sebelum pajak) adalah Rp. 150,-, maka biaya download per MB adalah Rp. 1.500,-. Penghematan biaya yang terjadi adalah :
9.500 MB X Rp. 1.500,- = Rp. 14.250.000,- (sebelum pajak)
melihat penghematan sebesar Rp. 14,25 juta, harga antivirus untuk server sebesar US $ 250 tentunya cukup beralasan.

Disamping memiliki kemampuan update antivirus secara otomatis ke jaringan, Norman Antivirus juga memberikan tambahan messaging antar workstation dan kemampuan lain yang sangat membantu dan mempermudah dalam menyebarkan Norman Antivirus di jaringan adalah instalasi program antivirus di workstation dengan satu klik, salah satu sebab Norman Antivirus mendapatkan Editor's Choice PC World UK Juni 2001 dan mendapatkan penghargaan dari www.virusbtn.com/100.
Jadi, setelah administrator selesai menginstalasi dan menentukan update direktori di Server, setiap workstation hanya perlu mengklik satu file dan menunggu 5 menit, maka Norman Antivirus di workstation sudah terinstall dan secara otomatis akan melakukan update ke server setiap hari.


0 komentar:

Post a Comment