14/03/2009

Resep Sukses Penjualan Online

Berikut adalah rahasia sukses yang membuat situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu, maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.

Mulailah Segera Membangun Situs Anda
Banyak perusahaan online besar yang telah mulai berjualan sejak dua atau tiga tahun yang lalu. Mereka mempergunakan hal ini bukan saja untuk membangun barisan pelanggan, tapi juga mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk dapat menjual secara online. Pada waktu pesaing mereka baru menekan pedal gas, mereka telah pindah ke gigi tiga.

Terlihat Profesional
Situs yang bagus harus tampak tajam dan profesional. Mereka menggunakan gambar sebagai ilustrasi, tapi tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu besar. Anda mungkin tak akan melihat frame atau animated gif di Yahoo. Mereka lebih menekankan pada fungsi, tidak mencoba membuat Anda terkesan dengan trik-trik html.

Situs Anda Harus Mudah Dicari
Pelanggan tidak akan dapat menemukan Anda jika situs Anda sulit dicari. Daftarkanlah nama situs Anda secara tepat ke berbagai search engine yang besar. Gunakanlah kategori yang tepat, sesuai dengan bisnis Anda.

Dapat Diakses Dengan Cepat
Situs yang baik harus dapat diakses dengan cepat. Sebuah halaman produk yang biasanya berukuran sekitar 38 kilo byte, harus dapat di download dalam waktu sekitar 13 detik menggunakan modem biasa. Ditambah lagi Anda harus memiliki server yang cepat dan koneksi Internet kelas satu.

Berilah Perhatian Pada Inventori
Jika Anda masuk ke Amazon, tentunya Anda akan menemukan segala macam buku. Inventori yang besar memiliki dua keuntungan. Pertama, menunjukkan Anda serius berjualan secara online. Tapi yang lebih penting, pelanggan akan teringat untuk mencari di toko Anda terlebih dulu, karena Anda memiliki koleksi yang komplet. Jika mereka menemukan apa yang diinginkan, tentunya mereka akan memesan langsung dari Anda.

Berilah Harga yang Murah
Usahakan untuk dapat memberikan discount pada setiap barang yang Anda jual. Bukan murahnya yang penting. Tapi konsumen Anda tak perlu memikirkan harga ketika membelinya. Jika saya menemukan buku di Amazon, saya sudah tahu tidak akan menemukannya dengan lebih murah di tempat lain, jadi saya tak perlu repot-repot mencarinya di tempat lain. Lakukan hal yang sama di situs Anda, dan pembeli akan tahu jika mereka tidak perlu lagi mencari barang yang mereka inginkan di luar situs Anda.

Pastikan Ketersediaan Barang
Di setiap halaman produk, situs yang bagus memberitahu Anda apakah barang tersebut tersedia dan berapa lama barang dapat dikirimkan pada Anda. Janji yang diungkapkan secara eksplisit tersebut akan membuat pelanggan lebih percaya pada Anda. Tak ada kata lain yang dapat membuat pelanggan membeli lebih cepat selain mangatakan di setiap halaman situs Anda, "Stock Tersedia, dapat dikirimkan dalam waktu 24 jam" Dalam hal ini Anda harus berkata jujur. Jika Anda tidak dapat melakukannya, setidaknya katakan item mana yang tersedia, dan berapa lama Anda dapat mengirimkannya.

Kirimkan E-mail Segera Kepada Pelanggan
Sebaiknya Anda mengirimkan e-mail kepada pemesan segera setelah Anda menerima order pemesanan, dan yang berikutnya segera setelah barang dikirimkan. Pelanggan Anda menyukai hal ini, karena memberikan kepastian pemesanan secara online.

Beri Tanggapan Pada E-mail yang Masuk
Anda pun harus menjawab e-mail dengan segera. Cobalah kirimkan pertanyaan pada situs yang sukses, dan buktikan sendiri. Pelanggan menggunakan waktu respon ini sebagai ukuran kompetensi Anda. Jawablah dalam 30 menit, dan mereka akan sangat terkesan. Menjawab dalam sehari, dan kesannya akan berkurang. Bila Anda melakukannya dalam seminggu, kemungkinnya Anda telah kehilangan pelanggan.

Update Halaman Depan Situs
Anda juga dianjurkan untuk mengubah tampilan di halaman depan Anda setiap hari. Bukan hanya untuk memamerkan produk baru, tapi untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar ada di sana. Situs yang berubah setiap hari adalah situs yang pasti banyak diperhatikan orang. Anda tidak perlu berubah banyak, cukup dengan menggilir barang yang dipajang di halaman depan.

Berikan Layanan Lebih Pada Pelanggan Anda
Banyak perusahaan online memiliki customer service yang luar biasa, tapi lebih banyak lagi yang tidak. Customer service adalah unsur paling penting dalam penjualan online. Bukan periklanan, desain situs, atau harga yang murah. Iklan akan membuat orang mendatangi situs Anda, tapi kekuatan pelayananlah yang akan membuat mereka membeli.

Selamat mencoba n GOOD LUCK :)


0 komentar:

Post a Comment